Home  |  Pustaka  |  Statistik  |  Analisis  |  Tutorial  |  Kontak

Router Access Control

Digunakannya cache pada router/modem dapat meningkatkan speed modem mengakses internet. Tetapi menyisakan persoalan, karena menumpuknya alamat dan internet protocol di RAM router yang dalam jangka panjang justru akan memperlambat bahkan menghambat speed. Reset modem seringkali menjadi solusi alternatif, tetapi tidak menjangkau MAC Address yang bersifat dynamis.

Seringnya memberikan akses pada device untuk terhubung dengan router pada tipe modem open source bisa berakibat kegagalan koneksi jaringan. Hal ini disebabkan, walaupun device sudah tidak terhubung lagi, akan tetapi mendapat jatah akses. Jika jumlahnya melebihi max limit akan menimbulkan kegagalan koneksi dengan gejala yang ditandai :
  • Tidak dapat mengakses internet walaupun terhubung ke router
  • Pada jam-jam tertentu, biasanya diluar jam kerja (malam hari) kecepatan menurun
  • Kebanyakan disebabkan password WiFi dihack. Modem open source yang memanjakan konsumen, harus ditebus dengan mudahnya password dibobol. Malah belakangan banyak aplikasi pembobol password. Gonta-ganti password menjadi tidak signifikan.

Acces control

Untuk mengatasi kegagalan akses internet (catatan, bukan karena dibatasi penyedia jaringan) dapat dilakukan dengan pengaturan internet protocol statis. Setting ini menyebabkan hanya device yang didaftarkan saja yang dapat mengakses internet. Bahkan orang yang mengetahui password router sekalipun, tetap akan ditolak router. Berikut cara mengatur access control :
  1. Masuk ke pengaturan router pada browser (usahakan Google Chrome) dengan mengakses alamat http://192.168.0.1/
  2. Umumnya tidak memakai user name sehingga cukup masukan password
  3. Mintalah password-nya ke penyelia jaringan. Kemudian segera diganti dengan password yang ditentukan sendiri karena umumnya penyelia jaringan memberikan password default.
  4. Klik navigasi menu
  5. Klik menu Advanced
  6. Klik menu (1) Security dilanjutkan klik (2) Access Control
  7. Aktifkan (ON) mode pembatas (1) Access control dan pastikaAn klik (2) White list, kemudian klik (3) Add
  8. Langkah menambahkan internet protocol (MAC Address)
  9. Langkah ini krusial, karena jika salah mengisi option berakibat pada terputusnya akses internet. Jika tidak merasa yakin, mintalah bantuan yang sudah berpengalaman.
    • Pilih (1) Add manually
      Jangan mencoba memilih Select from Device List jika bukan seorang teknisi (atau sangat berpengalaman) karena berakibat router secara random mendaftarkan semua device yang terdeteksi. Sangat mungkin HP atau laptop Anda malah tidak kebagian list.
    • Inputkan nama pada (2) Device name
    • Isikan alamat MAC Address yang akan diberi hak akses internet (3) MAC Address
      Alamat MAC Address (dalam format hexadecimal) terdapat dalam pengaturan di HP (setting > about phone > State > MAC Address). Setiap hp mempunyai step menu yang berbeda, intinya cari state pada pengaturan tentang phone. Di bagian akhir tip ini, ada sekilas mencari alamat MAC Address.
    • Pastikan klik (4) Add jika semua input sudah dirasakan benar.
  10. Lakukan langkah step #7 untuk menambahkan daftar device yang lain.
  11. Close browser untuk menutup hak akses

MAC Address

MAC Address merupakan nomor pabrik yang bersifat unik, mirip dengan nomor rangka mesin pada kendaraan. Aplikasi yang dapat melacak device yang hilang memanfaatkan address ini. Di dunia ini hanya ada satu nomer MAC Address untuk setiap device.
Cara mengetahui MAC Address :
  1. Di menu pengaturan handphone, klik about phone.
  2. Pilih menu State
  3. Catat nomer MAC Address yang terlihat
  4. Alamat MAC Address ini tidak bisa dicopas ke router, jadi harus diinput. Tidak termasuk tanda titik dua atau strip, atau apapun tanda pemisah hexadecimal.

No comments: